Disabilitas dan Pandangan Masyarakat - Abibunda Abibunda

Abibunda

Berita Terkini Dan Olahraga

Home » Inspirasi » Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Disabilitas dan Pandangan Masyarakat



Disabilitas dan pandangan masyarakat yang terkadang menimbulkan sebuah perbedaan dan serta menjauhkan rasa menghargai dan menghormati antar sesama. Sebelum membahas lebih jauh mengenai Disabilitas danPandangan Masyarakat nya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa arti dari Disabilitas.

Mungkin sobat sekalian sudah tidak asing lagi dengan kata “Disabilitas”. Yak Disabilitas merupakan sebuah nama, julukan atau sebutan untuk para saudara-saudara kita yang mungkin tidak sesempurna kita jika dilihat dari hal fisik dengan kata lain disabilitas dapat diartikan sebagai penyandang untuk orang yang tidak memiliki fisik sempurna seperti halnya manusia pada umumnya.

Namun justru orang-orang seperti merekalah yang sangat membangun mental diri kita, betapa tidak dengan ketidak sempurnaan yang mereka miliki mereka berjuang untuk kelangsungan hidup mereka seakan mereka tidak memperdulikan sebuah kata yang disandang mereka yaitu Disabilitas serta mereka mampu menepis PandanganMasyarakat terhadap diri mereka.

Mungkin mereka tidak menyadari arti dari Disabilitas itu sendiri bagi mereka yang menyandang nama tersebut. Disabilitas disini bukan berarti orang yang tidak sempurna dalam segi fisik. Namun justru Disabilitasadalah jalan menuju untuk menemukan jati diri yang sesungguhnya, menggali potensi diri yang sesungguhnya. Memebangun kepercayaan diri yang utuh demi tercapainya sebuah pembuktian dan kesetaraan untuk mengarungi sebuah kehidupan yang tanpa diskriminasi. Dan itulah kekuatan yang besar untuk menggapai tekat yang abadi.

Sebuah kesuksesan akan diraih mana kala orang-orang tersebut dapat menjadikan pandangan pandangan masyarakat terhadap diri mereka (Disabilitas) sebagai suatu kekuatan, sebagai motivasi untuk berjuang menggapai kesuksesan. Pandangan-pandangan yang beragam seiring keragaman sifat dari masyarakat itu sendiri, tidak sedikit yang meremehkan orang-orang seperti mereka (Disabilitas) dan hanya sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa mereka tetap saudara kita dan bagaimanapun kita tetap mensupportnya.

Terkadang pandangan yang miring lebih banyak dibanding pandangan masyarakat terhadap Disabilitas yang tetap berpandangan positif. Dan semua keadaan akan terbalik ketika mereka (disabilitas) mampu membuktikan kepada masyarakat bahwa dirinya mampu, bahwa dirinya bisa, bahwa dirinya sanggup meskipun dengan segala keterbatasan.

Tak sadarkah kita yang sampai saat ini masih diberi kelengkapan baik berupa fisik maupun ruh dan fikiran. Betapa dunia telah membuktikan kepada kita, betapa dunia telah membukakan kepada kita bahwasannya ketidak sempurnaan bukanlah suatu halangan untuk menggapai sebuah impian.

Mari kita tengok syekh Ahmad Yassin, kita semua tahu bahwa beliau adalah orang yang kurang sempurna (disabilitas). Karena beliau telah kehilangan kedua kakinya, namun bagi beliau kesempurnaan tidak dapat dilihat dari segi fisik, namun perjuangan. Bayangkan orang seperti beliau dapat menjadi taget man incaran, beliau juga dapat mengumpulkan pasukkan dengan jumlah yang besar dan memproklamirkan Hammas.

Belum juga kah kita sadar akan semagat juang dan kerja keras dari Seorang Perwira yang bertugas di Angkatan Laut Amerika. Ya dialah sanga penyelam utama dalam tim Angkatan Laut Amerika, namun ketidak beruntungan sedang menghampiri dirinya, dia hampir kehilangan senelah kakinya dan demi sebuah impian dia rela untuk mengamputasi  kakinya dan dia berjani akan membuktikan dalam dsidang yang dihadiri para petinggi bahwa dia bisa kembali bertugas sebagi penyelam di AL.

Menahan rasa sakit, Jiwa yang Tergoncang yang merekan kakinya diamputasi demi sesuatu yang lebih mulia dan terhormat. Dia berlatih keras untuk dapat melatih fisiknya. Ketika sang mater chief dihadapkan pada sebuah alat penyelam yang beratnya 290 pon dia tetap percaya diri.

Sebuah syarat dilontarkan dari dewan petinggi untuk dapat kembali kejabatan menjadi sang master chief yaitu berjalan 12 langkah dengan memakai alat penyelam seberat 290 pon tanpa dibantu oleh siapapu. Terbesit sebuah argument bahwa hal tersebut tidak adil (ketika saya melihat video tersebut). Namun inilah sebuah kenyataan yang harus dia patahkan untuk mengejar impiannya. Dan akhirnya diapun berhasil sehingga dapat kembali ke jabatannya.

Sobat sekalian sungguh luar biasa kisah diatas, hal ini membuktikan bahwa keterbatasan seseorang bukan menjadi batu karang yang menghalangi langkah kita menuju sebuah kesuksesan yang diimpikan. Tak ada Kesuksesan Tanpa Pengorbanan dan Pantang menyerah sebelum mencoba.

Mereka sebenarnya bisa, mereka (Disabilitas) sebenarnya mampu namun iniliah tugas kita dan bukan hanya tugas dari kartunet.com untuk menanamkan sebuah kerja keras, pantang menyerah tidak hanya bagi Disabilitas Saja namun kepada seluruh pembaca. Berilah mereka sebuah motivasi motivasi untuk dapat berjuang setidaknya mandiri dengan keadaan mereka (Disabilitas).

Sebuah harapan terbesit dalam hati untuk kartunet yang nota bene sebagai media sosialisasi mengani isu-isu masalah Disabilitas Sosial ini dapat lebih menggali potensi-potensi dari para penyandang (Disabilitas) dan terlebih untuk membukakan mata bagi para masyarakat di Indonesia bahwa mereka (para Disabilitas) ingin dan mampu untuk berada disamping kita yang artinya setara dengan kita. Semoga kartunet.com dapat menjadi sebuah inspirasi dan media yang dapat menampung segala bentuk kreativitas mengenai masalah Disabilitas, dan menjadi media yang dapat mempersatukan masyarakat sehingga menjadi masyarakat yang inklusif. Inklusif dalam arti masyarakat yang tidak membeda-bedakan suatu hal dan saling meghormati serta keterbukaan.

Incoming search terms:

November 22, 2011 Inspirasi

63 Responses to “Disabilitas dan Pandangan Masyarakat”

  1. Anonymous says:

    mmm.. saya rasa mereka sempurna’ mulai dari cara berfikir, kemauan bekerja, mental dan fisik. saya punya anggapan sendiri dalam melihat definisi disabilitas disini :D. “kalo fisik yang dibicarakan” untuk menyebut mereka sebagai kaum disabilitas oh Come On They was made by GOD’ dan apa yang dibuat oleh sang Maha Pencipta adalah Sempurna!! tanpa kurang apapun. kalo mereka tidak mempunyai tangan dan kaki that was nature plan from our GOD.

    Saya ambil contoh terdekat, Kekalahan Indonesia dalam SEA GAME 2011 dalam cabang sepak bola membuat berbagai macam ungkapan kekecewaan bermunculan saya pun sempat kecewa dan bersedih hingga saat ini :):

    Dan dua argument yang paling Fatal yang saya dengar secara langsung adalah :

    1. Indonesia jadi P…..G
    2. Indonesia A,….G

    Kalo saya kaitkan dengan definisi disabilitas, ini lah sebuah disabilitas dalam kerangka pemikiran oleh mereka yang dibilang dalam keutuhan dan sempurna. Jika memang mereka sempurna tentu ungkapan ini tidak perlu terjadi bukan ? bagaimana dengan ungkapan ini “Tidak dapat Mas dalam cabang sepak bola tapi Indonesia tetap Menjadi Juara Umum SEA GAME Bukan” qute ‘Irma Nemanja Vitrie fb. “That Was perfect statement of physical perfection and mind’ Jadi disabilitas tidak pantas disematkan atau digunakan sebagai julukan untuk saudara kita tersebut. They are still a human being :D

  2. anisayu says:

    sungguh gigih sekali mereka, jadi tersentuh rasa hati ini, salut rasanya… :)

  3. Indonesia says:

    arena komputer @ Sip bung, Siap Laksanakan

  4. Indonesia says:

    Anonymous @ mereka adalah saudara kita, dan semua manusia diciptakan sempurna. namun dalam sisi ini terkadang saudara kita (dalam pembahasan diatas) lebih mendeklar bahwa diri mereka hanyalah seorang yang menyandang disabilitas, apalagi pandang orang orang yang lebih sempurn dibanding dia,
    disinilah letaknya, sebagai kunci utama seorang yang dianggap menyandang disabilitas haruslah dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa dia tidak pantas mendapat julukan disabilitas, jika hal tersebut dapat terlaksana maka tidak ada yang namanya disabilitas

    anisayu @ semoga kita dapat menjadi seperti mereka, yang pantang menyerah sebelum mencoba
    tetap semangat

  5. fisik memang bkan yg menentukan keberhasiln kita,, kita yg sebagai yg memiliki fisik yg smpurna harus lebih bisa sukses dn membntu seorang yg menyandang disabilitas..

  6. Admin cob says:

    Fisik bukanlah penentu
    Nice this post

  7. Indonesia says:

    Kertas Kecil Kita @ memang benar sob, fisik bukanlah suatu penghalang untuk meraih impian, meraih cita-cita, namun kerja keras dan pengorbanan disini sangat penting untuk dapat menggapai semua itu
    salam silaturahmi

    Admin cob @ benar sob, fisik bukanlah penentu tapi kerja keras dan kemauanlah yang menjadi penentu

  8. addyn says:

    itulah hikmah dibalik semua itu kita sebagai orang yang memiliki fisik yang sempurna harus mengambil pelajaran dan hikmah dari orang2 disabilitas
    dan tentunya harus lebih baik dari mereka

  9. Blognya ringan gan, salam kenal aja ane muslih21,, dan maju terus kontesnya

  10. Indonesia says:

    addyn @ benar sob, mereka saja mampu dan seharusnya kitapun juga mampu, betapa hebatnya saudara kita dengan kegigihan dan semangat juang yang tinggi

    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat @ terimakasih dan salam kenal kembali

  11. DODE-XP.COM says:

    wah kontes seo.. semoga menang ya gan :)

  12. Indonesia says:

    DODE-XP.COM @ Amin, yang penting pengalamannya dan kesadaran pembaca akan tema diatas mas
    terimakasih
    salam silaturahmi

  13. Mereka sebenarnya hebat. Orang dengan disabilitas yang mempunyai keinginan tinggi untuk maju justru kebanyakan bisa mengalahkan orang2 normal. salut untuk mereka

  14. Indonesia says:

    pirly_ae.dot.com @ semua ciptaan Nya tiada yang tidak hebat, semut pun hebat kenapa saya mengatakan demikian? karena semut memberikan sebuah pelajaran yang berharga pada diri kita, dan makhluk makhluk lainnya juga luar biasa karena mereka menyimpan segudang hikmah
    untuk itu tiada orang yang tidak bisa maju, kunci:pantang menyerah

  15. artikel yang bagus mas, terus lanjutkan..

  16. Ayead says:

    Kalau aku justru baru mendengar kata “Disabilitas” dari om Imam ini…

  17. Indonesia says:

    Artikel Komputer @ terimakasih pakde….Siap Lanjutkan

    Om ayead @ aku juga baru tau om, kalok tidak ada kontes disabilitas dan pandangan masyarakat kayaknya juga tidak akan tahu

  18. Tenri Ewa says:

    ini seharusnya menjadi motivasi bagi kita yg secara fiisik diberi kelebihan oleh Allah swt untuk selau bersyukur dan pantang menyerah

  19. Indonesia says:

    Tenri Ewa @ benar akhi,,,semua itu butuh kerja keras, pengorbanan yang besar pasti berbuah manis
    semoga kita dapat mengambil hikmah dari postingan diatas

  20. Mr Simpel says:

    sewaktu saya menonton acara di kick andy, katanya orang disabilitas ingin agar mereka juga di anggap sama seperti yang lainnya, walaupun secara fisik tidak sama, tapi secara pemikiran mereka sama dengan kita yang normal, maksudnya supaya mereka yang disabilitas juga di hargai seperti yang lainnya

  21. Indonesia says:

    Mr Simpel @ yak memang hal tersebut yang menjadi dasar penulisan postingan ini, melihat saudara kita yang secara fisik memang tidak sama dengan kita namun dari sisi intelektual mereka sama dengan kita, mereka tidak mau ada diskriminasi dan mereka menginginkan terbentuknya masyarakat yang inklusi

  22. luar biasa perjuagan y

  23. Indonesia says:

    sigit fernando @ sangat luar biasa sob

  24. mereka juga manusia, karna itu harus diberi kesempatan juga

  25. anime lover says:

    Selalu berkunjung sobat :)
    Main k blog Ane ya gan

    Info bgus :)
    Klik 4information y gan :)
    http://4share-information.blogspot.com

    Komentar di tunggu sobat
    Jangan lupa follow jga :) ( follow back )

    Sesama blogger lebih baik saling sapa Dan saling memper erat blogger Indonesia

    Salam blogger

  26. Faik Fauzi says:

    Mari ubah cara pandang masyarakat terhadap mereka bersama2…

    Together we can.. Together we Will..

  27. Indonesia says:

    Sang Cerpenis bercerita @ kesempatan terbuka lebar untuk saudara kita, namun hambatan terbesar mereka adalah pandangan masyarakat yang terkadang membuat semangat mereka down, itulah titik luar biasa pada mereka, mereka berani melawan pandangan masyarakat yang miring mengenai dirinya

  28. Indonesia says:

    anime lover @ Siap laksanakan
    salam silaturahmi

    Faik Fauzi@ mari bung
    wujudkan menjadi masyarakat yang inklusi

  29. Indonesia says:

    Awell @ semangat juga gan
    oke, semoga laris lapaknya

  30. jadi terharu nich gan,pada hal mereka punya kekurangan tapi mereka gigih dalam berusaha.

  31. goceng blog says:

    Jadi inget sama slaah seorang blogger tunanetra..
    Intinya.. “Semangat mereka patut kita contoh”

  32. Indonesia says:

    zona internet @ semoga kita dapat mencontoh kegigihan mereke sob

  33. Indonesia says:

    goceng blog @ bener om,,, kita harus lebih semangat dari mereka
    semangat mereka memang luar biasa

  34. muslih21 says:

    Sets jangan lupa……..

    Informasi kontesnya makin mantap aja gan, seru-serun yuk di Curhat Pengalaman – Disabilitas dan Pandangan Masyarakat.

  35. Indonesia says:

    muslih21 @ SIP,,,ke TKP

  36. manusia “caacat tubuh” yg tdk sempurna bkn brrti tidak bs berkreatifitas…

    semua manusia tu sempurna….

  37. Indonesia says:

    Erwin Siagian @ semua manusia memang diciptakan sempurna sesuia dengan kodratnya, manusia sebagai makhluk sempurna,, namun disi lain ketika ada saudara kita yang memiliki hal seperti itu, ada saja pandangan negatif dari mereka

  38. mereka juga adalah hamba ALLAH,
    sama seperti kita, yang membedakan bukanlah fisik tapi bagaimana takwah dan ibadah kita kepada ALLAH SANG KHALIQ,
    dan sesungguhnya kehadiran mereka adalah sebagai salah satu ujian pandangan mata bagi manusia yang merasa dirinya sempurna….salam

  39. Farixsantips says:

    pantang semangat ya mereka itu sob :( salut!

  40. ayooo ! sob orang lampung bisa !! semangat !!

  41. Farixsantips says:

    bisa di contoh nih memang :) orang cacat saja bisa, masa kita gak bisa

  42. Indonesia says:

    BlogS of Hariyanto @ benar sob,, semua dilihat dari akhlak nya
    Salam Silaturahmi

  43. Andy says:

    kekurangan bukan kendala utama kita untuk tidak bergerak & bertindak,karena banyak dari kita yang memiliki kekurangan anggota tubuh tapi pretasinbya melebihi orang normal seperti kita

  44. Indonesia says:

    reached the pinnacle of success @ terimakasih sob

    Andy @ benar sob, setuju dengan argumen anda

  45. cardiacku says:

    Banyaklah kita bersyukur dan memberikan semangat kepada kita bahwa yang menyandang disabilitas saja bisa berprestasi apalagi kita yang dikaruniai kesempurnaan oleh Allah Ta’ala sobat..
    Postingannya bagus sob..followers sini dan link balik telah dilaksanakan.Silkahkan dicrosscekk sobat.
    Terima kasih

  46. Indonesia says:

    cardiacku @ semangat sob,,, tidak ada kata tidak mungkin di dunia ini sebelum mencoba
    semangat
    terimakasih buat link back dan follownya

  47. Farixsantips says:

    sudah di letakan sob linknya :)

  48. Indonesia says:

    Farixsantips @ terimakasih sob,, salam silaturahmi

    NINONURMADI.COM @ ayo ayo, pasti bisa

  49. al kahfi says:

    salam kenal,, oh ya link nya sdh sy letakkan di *update blog sahabat* di blog saya ,, jd kalau ada update blog terbaru akan muncul

  50. Indonesia says:

    al kahfi @ salam kenal kembali, terimakasih akhi,, link akhi pun juga sudah saya pasang,,, terimakasih
    salam silaturahmi

  51. Putrie Jrs says:

    Setiap melihat mereka, hatiku bergetar. Antara Iba, kagum, dan takjub yang bersamaan.
    -melihat foto-

    Salam sayang dari Putrie Jrs

  52. Indonesia says:

    Putrie Jrs @ salam diterima dan salam sayang kembali

  53. cari kerja says:

    nice info….,
    dibalik kekurangan pasti ada kelebihan….

    mksh.

    komment balik yaaa.
    follow n tker lik jg yaa

  54. Muslih21 says:

    Terima kasih informasinya, blognya ringan gan.. ayo galakan kepedulian masyarakat terhadap para penyandang cacat di Indonesia.

    Pernahkah anda merasa betapa kasihannya para penyandang cacat di Indonesia?.

    Bagaimana tanggapan keras anda mewujudkan Indonesia akan hak para orang cacat (Disabilitas dan Pandangan Masyarakat) untuk sekarang ini?

  55. jadi contoh buat kita semua nih,,, mereka aja yang terbatas, bisa berkarya dan berprestasi, apalagi kita semuaaa duhhh jadi malu gw yang suka telat bangun pagii

  56. firman way says:

    tetap semangat yah buat penyandang disabilitas,… :)

  57. Muslih21 says:

    Yuk rame-rame dukung kontes disabilitas di Indonesia biar meriah..disabilitas di Indonesia harus ditingkat, ditingkatkan apanya?? ditingkatkan akan kepedulian dan kasih sayang terhadap para disabilitas…
    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat
    Informasi Lengkap Online | Curhat Pengalamant

  58. Blognya makin rame aja gan, sukse untuk kontsnya, mari sama2 semangat. ane muviblogiztic

  59. ilhamsk says:

    selamat bunda, masuk urutan 50 teratas kontes kartunet.
    good luck yah! :)

  60. Indonesia says:

    cari kerja@ bener sob

    Sanjaya Yasin@ hahahaha,,, semangat mas

    Muslih21@ jangan hanya didukung tapi di aplikasikan dalam masyarakat sekitar kita juga sob

    ilhamsk @ iya ilhamsk, terimakasih

Leave a Reply

Sponsor

Pasang Iklan

Post Terbaru

Agen Taruhan Judi Bola Casino Poker Tangkas Dan Togel Online
terpercaya online poker
Back To Top